Semangat Ramadan Tak Pernah Padam

Image
Banyak yang bilang, Ramadan tahun ini berbeda. Karena pandemi dan adanya wabah virus korona, kegiatan di masjid dibatasi bahkan ditiadakan. Tak hanya kegiatan di masjid, tapi hampir semua kegiatan yang membuat kerumunan diminimalkan. Semua ini dilakukan sebagai bentuk ikhtiar memutus tali penyebaran virus korona. Tetapi bagiku, semangat Ramadan tak pernah berubah. Semangat Ramadan tak pernah padam. Justru di Ramadan tahun ini kuperhatikan semangat para saudara muslimku semakin bertambah. Karena semua kegiatan dilakukan di rumah saja, kini masing-masing rumah setidaknya memiliki seorang imam untuk tarawih. Yah benar, masjid memang dikosongkan, tetapi ibadah tentu saja harus tetap dilaksanakan. Tak ada yang namanya ibadah diberhentikan karena korona. Justru orang-orang semakin gencar menghidukan cahaya Ramadan di rumahnya masing-masing. Tak hanya itu saja, tadarus Alquran pun masih tetap menggema. Bahkan lebih keras di rumah-rumah. Tak hanya tadarus bersama keluarga. Beberapa saudara

Pelatihan Menulis Nurul Hayat Bersama Penerbit Pro-U Media

Menembus jagat penerbitan*

  1. Tentukan niat. Apa niat atau tujuan Anda menjadi penulis? Menjadi terkenal, mendapatkan penghasilan, mencari sensasi, atau dakwah. Secara umum ada empat tujuan yang harus Anda ketahui. Apabila kita memilih dakwah sebagai tujuan kita menulis, InsyaAllah ketiga tujuan lainnya akan mengikuti.
  2. Mau Jadi Penulis seperti apa? Spesialis, serba bisa, atau hanya sekadar asal-asalan. Setiap menulis harus disertai riset atau penelitian yang mendukung tulisan Anda. Jangan salah, tidak hanya tulisan nonfiksi saja yang butuh riset. Tulisan fiksi pun begitu. Riset sangat penting. Selain itu Anda juga harus mengetahui kondisi lingkungan sekitar, agar tulisan kita nyambung dan bisa diterima. Setiap tulisan yang Anda buat akan dipertanggungjawabkan, bahkan sampai ke akhirat.
  3. Mulailah menulis. Hal pertama yang harus dilakukan saat menulis adalah mulailah! Ada tiga cara memulai menurut AA Gym. Mulailah dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, dan mulai sekarang juga.
  4. Pilih dan pahami penerbit. Setidaknya ada tiga macam penerbit yang harus Anda ketahui. Penerbit idealis, mempunyai sistem seleksi yang sangat ketat. Penerbit logis, sangat proporsional dan penerbit yang pragmatik.
  5. Kiat memilih penerbit. Agar tidak mudah tertipu, ada beberapa tips dalam memilih penerbit:
  • Pastikan penerbit mempunyai kantor dan alamat kantor yang jelas
  • Mempunyai visi dan misi yang jelas
  • Konsisten atau bahkan naik dalam kualitas dan kuantitas
  • Pantau eksistensi penerbit
  • Testimoni penulis yang sudah bergabung
Hak Penulis*

  1. Kejelasan diterima/ditolak
  2. Jika diterima, ada akad yang jelas
  3. Naskah diperiksa oleh redaksi
  4. Saat proses editing, boleh memberi saran pada editor
  5. Mendapat Fee sesuai perjanjian
  6. Dapat laporan penjualan secara transparan

Mengintip dapur redaksi*
Diterima jika;
            Ide bagus, pemaparan bagus
            Ide bagus, pemaparan kurang
            Ide kurang, pemaparan bagus
Ditolak jika;
            Ide kurang, pemaparan kurang

Kiat Menulis**
Salah satu acuan para editor Pro-U Media dalam mengoreksi naskah adalah kateglo.com
Kateglo berasala dari kamus, tesaurus, dan glosarium. Selain itu juga masih banyak sumber lain yang digunakan seperti EyD dan KBBI. Salah satu rumus praktis menulis yang dapat kamu praktikkan yaitu 7T; Tulis, Terus, Tulis, Terus, Tulis, Terus, Tulis. Mulailah menulis sekarang juga!
Dalam pelatihan ini, peserta tidak hanya diberikan materi-materi kepenulisan, tetapi juga praktik menulis baik individu maupun secara kelompok. Selain itu, panitia juga memberikan kesempatan kepada beberapa peserta untuk membacakan karyanya di depan peserta lainnya.

Pro-U Media, Menggugah hidupmu! Tidak sekadar menerbitkan buku, tapi menerbitkan gagasan dan cita-cita.
Beralamatkan di Jalan Jogokariyan 35 yogyakarta
Telp/Fax. 0274-376301
Website: www.proumedia.co.id



*disampaikan oleh Irin Hidayat, S.S., editor Pro-U Media dalam acara pelatihan menulis Nurul Hayat bersama penerbit buku Pro-U Media.
** disampaikan oleh Mas Yudi S., editor Pro-U Media dalam acara pelatihan menulis Nurul Hayat bersama penerbit buku Pro-U Media.
Pada Ahad, 20 Maret 2016 di hall gedung dakwah yayasan Nurul Hayat lantai 3 Perum IKIP Gunung Anyar B-48 Surabaya

Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Karakteristik Pembelajaran Abad 21

Sinopsis Film Pesantren Impian

Pendidikan Karakter untuk Membangun Keberadaban Bangsa