Selamatkan Masa Depan Jomblo dari Bayang-bayang Mantan


Gambar dari IG @sahajabuku

IDENTITAS BUKU:
Judul Buku : Jomblo, Mantan, dan Masa Depan (bukan buku panduan buat balikan ke mantan)
Penulis : Rezky Firmansyah
Penerbit : PT Elex Media Komputindo
Cetakan : Pertama
Jumlah Halaman : x+162 Halaman
Tahun Terbit : 2017

Seperti judulnya, buku ini ternyata dibagi menjadi tiga bab; bab jomblo, bab mantan, dan bab masa depan. Tapi tunggu dulu, ternyata Rezky Firmansyah sang penulis buku juga menambahkan bonus bab spesial, bersebutlah “Lembar Pemaafan” di bagian akhir buku. Buku yang diberi judul Jomblo, Mantan, dan Masa Depan ini adalah  buku kesembilan Rezky. Buku yang ditulis dari hasil perenungan yang cukup panjang dalam memaknai 23 tahun usianya. Melihat dari pemilihan judul, tentunya judul tersebut sangat sensitif bagi jomblo-jomblo yang masih bebas berkeliaran, jomblo-jomblo yang butuh diselamatkan masa depannya. Entah itu jomblo bermantan maupun tidak. Nah loh, jomblo bermantan gimana nih perasaannya kalau baca judul buku ini? Apakah akan baper ataukah malah menjadi motivasi untuk masa depan lebih baik? Sebab jomblo dan mantan itu adalah sebuah fase di masa lalu yang tak perlu disesali. Gunakan pengalaman di masa lalu itu untuk menata masa depan. Yak, itu tadi sedikit kutipan dari buku JMMD ini. Oh ya perlu diingat nih, penulis juga sudah menjelaskan di sub judul bahwa buku ini bukan buku panduan buat balikan ke mantan ya. So, mari kita ulas sedikit apa saja sih isi buku ini.

Perhatikan kata pertama, JOMBLO! Hai Mblo... sering banget kan kita dengar kata itu mengudara dimana-mana. Sebutan untuk orang-orang yang masih betah sendiri. Entah itu diputusin pacar atau memang karena jomblo berprinsip. Nah di buku ini, Rezky menjelaskan kisah-kisah para jomblo lengkap dengan penderitaannya, eh... maksud saya lengkap dengan pengalamannya. Mulai dari mengikuti pacaran karena tren, sampai pertaubatan seorang jomblo bahwa sejatinya pacaran itu ternyata ya gak ada manfaatnya. Jadi jomblo harus berprinsip. Virus jomblo berprinsip harus tersebar agar banyak anak muda yang lebih fokus pada visi mulia dibandingkan mencari pacar yang sempurna (halaman 40).

Lalu bagaimana dengan jomblo yang bermantan? Di bab MANTAN tentu saja juga telah dituliskan kisah yang tak kalah seru. Mantan, mereka ada bukan untuk disesalkan. Apalagi dijadikan alasan untuk gagal move on. Mereka ada untuk memberikan pembelajaran pada kita. Eh kok kita, buat mereka yang terlanjur punya mantan ding. Mengambil pilihan untuk putus lalu menjadi jomblo berprinsip memang tidak mudah. Yah namanya orang yang mau berubah jadi lebih baik, tentu saja ada cobaan yang menyertainya. Hal itu semerta-merta adalah untuk menguji dan menguatkan sejauh mana orang tersebut mau berubah menjadi lebih baik. Seperti kata Dr. Ibrahim Elfiky yang ditulis dalam buku JMMD ini bahwa, kita tidak bisa mengubah masa lalu karena ia sudah berlalu. Yang bisa kita ubah adalah mengubah cara pandang terhadap pengalaman di masa lalu (halaman 91).

Bagian ketika adalah tentang MASA DEPAN. Setiap manusia berhak memiliki masa depan. Yap, ternyata jomblo juga masih manusia. Jadi tenang aja Mblo, kamu masih punya masa depan. Tapi ingat, kamu harus memperjuangkannya dengan benar. Bagaimana membawa masa lalu ke masa depan dengan benar? Bahkan prinsip 3I yang diadopsi dari filosofi Cerdas Mulia juga telah dijelaskan dalam buku ini; Iman, Ilmu, Impact. So, itu semua ditulis dengan penjelasan, yang demikian itu adalah agar kita bisa memaknai masa depan dengan semestinya. Setelah membahas lika-liku jomblo sampai mengenang pahitnya masa lalu bersama mantan, kini penulis mengajak pembaca untuk merefleksi diri dan mengambil ancang-ancang yang strategis untuk menata masa depan. Semua ada prosesnya, nikmati proses dan tunggu hasilnya.

Di setiap bagian bab yang dipaparkan memiliki sisi keunikannya masing-masing. Di dalamnya selalu terdapat cerita dari para penikmat karya Rezky Firmansyah, seolah ia mengajak pembacanya menjadi bagian dari buku ini. Disisipi juga tips-tips yang bermanfaat dan to the point. Jadi kamu... terutama para jomblo berprinsip yang waktunya telah disibukkan dengan kebaikan sehingga tak sempat terpikir pacaran sebelum halal, buku ini bisa kamu baca untuk melengkapi kejombloanmu agar lebih barokah.



Wanna this book? Check this out @sahajabuku

#GaleriInspirasiRatnawa
#LiebeRatna
#JombloMantanMasaDepan #RezkyFirmansyah
#Blogger #FLP 

Comments