Terima Kasih untuk 26 Tahun

Image
Tiada lagi yang bisa diucap selain rasa syukur pada sang pencipta semesta. Allah mempercayakan 26 tahun untuk saya gunakan dengan sebaik-baiknya di dunia ini. Dan masih lebih lagi. Entah, tak ada yang tahu kapan angka itu terus bertumbuh atau berhenti di dunia. Banyak sekali nikmat yang Dia beri untuk saya, tak bisa dihitung jumlahnya, baik yang saya sadari maupun tidak. Dia juga telah begitu baik menutup aib-aib setiap hambanya, hingga kita dijauhkan dari hal-hal buruk. Tahun ini banyak sekali yang datang dan pergi sesuka hati, yang bertahan pun ada. Semua yang datang pasti akan pergi, tapi kita selalu punya kemungkinan untuk bertemu kembali, entah di kehidupan yang mana nanti. Terima kasih sudah menjadi bagian dari kisah hidupku.  KELUARGA YANG PERTAMA Orang bilang, harta yang paling berharga adalah keluarga. Bagi saya tak ada keluarga yang sempurna, yang ada adalah keluarga yang saling melengkapi. Keluarga tempat kembali dan keluarga adalah tempat yang akan selalu menerima kit

5 Inspirasi Ngabuburit dalam Kondisi PSBB



Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah mulai diberlakukan di beberapa kota di Indonesia, sebagai bentuk usaha pencegahan meluasnya penyebaran corona virus disease 2019 (covid-19). Kegiatan berkumpul dengan teman akan menjadi susah. Ngabuburit bareng teman yang menjadi agenda tahunan saat Ramadan tiba pun tak bisa dilakukan, apalagi buka bersama teman. Biasanya menjelang pertangahan Ramadan, ajakan buka bersama atau buber akan mulai berdatangan memenuhi grup-grup media sosial. Buber dengan keluarga besar, teman sekolah, teman kantor, alumni, atau bahkan buber dengan deretan para mantan. Ups!
Guys, jangan bersedih hati. Meskipun lagi masa PSBB, masih ada banyak cara yang bisa dilakukan agar ngabuburitmu tetap asyik.

1.    Ngabuburit dan Buber Online
Wah gimana tuh caranya? Nah, kalau kamu sudah mulai terbiasa dengan belajar dari rumah, kerja dari rumah, kini kamu bisa mencoba ngabuburit dan buber online. Kamu bisa janjian sama teman tanggal berapa bakalan diadain buber. Lalu waktu nunggu azan magrib atau ngabuburit, kamu bisa bareng-bareng pakai video call buat buka bersama. Bisa facetime sama teman-teman dan tetap buber dari rumah masing-masing. Atau kalau mau lebih menarik, kalian bisa janjian dulu menu buber pada waktu itu, jadi biar samaan. Walaupun cuma mie goreng, tapi makannya rame-rame via online, hehe.

2.      Membaca Buku
Kamu yang doyan ngumpulin buku, doyan beli buku, tapi jarang banget dibaca. Inilah saatnya! Kesempatan emas buat kamu mulai melirik buku-buku yang sudah lama terabaikan di rak buku. Sekaligus bisa menambah wawasan dan membuka pikiran agar terus berkembang dari waktu ke waktu. Buku adalah jendela dunia, semakin banyak kamu membaca, semakin kamu akan tahu bahwa masih sedikit yang kamu tahu. Karena membaca bisa membuat pengetahuan kita bertambah. Apa yang kamu baca akan berpengaruh pada sudut pandang dan cara berpikirmu.

3.      Menulis Blog
Bagi kamu yang suka nulis, bisa manfaatin waktu ngabuburit untuk mengisi konten blog. Apalagi kalau kamu sudah punya blog berbayar, tapi jarang banget diisi. Kamu bisa ceritakan momen-momen selama di rumah aja di blog, lalu setelah itu sebarkan tautan tulisan di media sosial yang kamu punya. Siapa tahu banyak orang yang terinspirasi dengan kegiatan-kegiatanmu selama Ramadan. Sekaligus kamu bisa naikin rating blogmu, asyik kan? Kamu juga bisa mulai mengikuti even-even lomba ngeblog yang biasanya menyediakan hadiah.

4.    Mempelajari Resep Baru Bersama Keluarga
Inilah waktu bagimu untuk unjuk kebolehan di depan keluarga. Resep memasak kini tak lagi susah didapat. Tinggal masukkan nama masakan yang ingin kamu buat di mesin pencarian dan voila ribuan resep akan kamu dapatkan dalam sekejap melalui internet. Nah biar masaknya lebih seru, ajak anggota keluarga untuk berpartisipasi. Masa PSBB ini sekaligus membuat kita akan semakin akrab dengan anggota keluarga. Kamu juga bisa membuat daftar menu selama Ramadan dan mencoba resep-resep baru.

5.    Membaca Alquran
Coba ingat-ingat, sudah berapa kali khatam membaca Alquran dalam sebulan? Atau setahun? Nah, ini kesempatan bagus untuk mulai belajar istikamah mengkhatamkan Alquran selama Ramadan. Tak bisa tadarus Alquran di masjid karena PSBB, jangan jadikan alasan untuk tidak membaca Alquran ya. Ngabuburitmu bisa kamu isi dengan tadarus sendiri di rumah saja. Buat target harian seperti satu hari satu juz atau satu pekan satu juz. Kalau perlu baa juga terjemahannya, biar kita juga bisa belajar memaknai isi Alquran.  

            Nah, itu lima tips asyik ngabuburit yang bisa kamu coba selama di rumah saja. Kalau kamu punya tips asyik lainnya, bisa tulis juga di kolom komentar ya …

Ratna W. Anggraini
10 Ramadan 1441 H


#BERSEMADI_HARIKE-3
#InspirasiRamadan
#DiRumahAja
#FLPSurabaya
#Ratnawa


Comments

Popular posts from this blog

Sinopsis Film Pesantren Impian

Mengenal Karakteristik Pembelajaran Abad 21

Pendidikan Karakter untuk Membangun Keberadaban Bangsa