Cara Membuat Stik Kentang Keju Kekinian, Anti Gagal!


Hai Guys … saking lamanya di rumah aja, sampai otak harus dibikin mikir keras buat nyari kegiatan positif biar enggak bosan, haha. Kondisi masih susah buat keluar-keluar karena PSBB, belanja pun enggak bisa tiap hari. Dan enggak semua orang bisa keluar rumah. Apalagi beberapa hari lalu dapat kabar kalau ada warga yang meninggal karena positif corona, situasi jadi sedikit mengkhawatirkan. Enggak deket-deket banget sih lokasinya, tetapi masih satu daerah. Sedih, Surabaya masih zona merah aja. Tapi kita enggak boleh lama-lama bersedih ya, tetap berpikir positif, biar kondisi kesehatan kita tetap stabil.

Oke, deh … kalau gitu kita berantakin dapur aja hari ini. Yay!

Oh ya, biar stok bahan makanan enggak cepat habis, maka belanjanya harus pilih-pilih. Cari bahan makanan yang enggak mudah busuk. Kalau punya freezer/kulkas di rumah, alhamdulillah. Tetapi tetap ingat ya, enggak perlu sampai menimbun makanan. Biar saudara kita di luar sana enggak kesusahan juga buat belanja bahan pokok yang dibutuhkan. Tetap belanja sewajarnya, sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang ada di rumah.

Nah, kali ini aku mau bagi resep camilan yang terbuat dari kentang. Kentang adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Paling sering kentang diolah jadi kentang goreng, makanan yang paling banyak diminati oleh orang-orang. Biasanya kalau mampir ke café atau kedai yang menjual menu kentang goreng, pasti beli itu. Makanan cepat saji yang renyah di luar, empuk di dalam. Biasanya harganya lumayan, tapi dapatnya enggak seberapa, hehe. Nah kalau mau, aku bakalan kasih resep dan cara membuat stik kentang keju enak, gampang dan anti gagal. Dijamin ketagihan, yummy.

 

Ini bahan-bahan yang perlu kalian siapkan.

Bahan:

  • ½ kg Kentang
  • 100 gr keju cheddar
  • 10 sdm tepung maizena
  • 5 batang daun seledri
  • ½ sdm garam
  • ½ sdt lada bubuk
  • ½ sdt kaldu bubuk (bisa juga diganti dengan penyedap rasa)
  • Minyak untuk menggoreng 

Untuk cara pembuatannya mudah banget.

  1. Kukus kentang sampai empuk. Kalian tahu cara ngukus kan ya, hehe.
  2. Sambil menunggu kentang matang, kalian bisa parut keju cheddarnya dan rajang halus daun seledri.
  3. Setelah kentang matang dan empuk, bisa langsung dihancurkan sampai halus. Bentuknya kayak mau bikin perkedel.
  4. Campurkan semua bahan jadi satu, lalu uleni. Oh ya, kalau nambahin tepung maizena sedikit demi sedikit saja biar rata.
  5. Siapkan tatakan untuk membuat stik kentang keju.
  6. Bikin adonan menjadi bulatan, lalu pipihkan di tatakan. Kira-kira tebalnya satu centimeter. Enggak perlu diukur pakai penggaris, hehe. Dikira-kira saja ya.
  7. Lalu iris adonan kentang yang sudah pipih sepanjang 5 centimeter atau lebih panjang juga boleh. Sesuaikan dengan selera masing-masing.
  8. Kalau sudah selesai, tinggal digoreng pakai minyak yang panas. Goreng sampai kuning keemasan.
  9. Sajikan di piring saji bersama saus keju atau saus sambal.


Resep ini bisa menghasilkan potongan stik kentang keju yang lumayan banyak kalau dimakan sendiri, hehe. Rasanya dijamin enak, garing di luar lembut di dalam. Dan juga potongan stik kentang keju yang belum digoreng bisa disimpan di dalam freezer biar beku, bisa jadi ala-ala frozen food. Nanti kalau mau goreng lagi, tinggal keluarkan lagi ke suhu ruang, lalu goreng ... goreng ... goreng.

Gampan banget kan buatnya. Bisa buat camilan untuk keluarga. Dimakan sambil ngobrol santai bareng keluarga, sambil nonton film, atau sambal baca buku. Tapi hati-hati makanannya kena ke buku ya. Jangan lupa dicoba resepnya.

Ratna W. Anggraini

13 Ramadan 1441 H

 

#BERSEMADI_HARIKE-6

#InspirasiRamadan

#DiRumahAja

#FLPSurabaya

#Ratnawa

 

 


Comments