Terima Kasih untuk 26 Tahun

Image
Tiada lagi yang bisa diucap selain rasa syukur pada sang pencipta semesta. Allah mempercayakan 26 tahun untuk saya gunakan dengan sebaik-baiknya di dunia ini. Dan masih lebih lagi. Entah, tak ada yang tahu kapan angka itu terus bertumbuh atau berhenti di dunia. Banyak sekali nikmat yang Dia beri untuk saya, tak bisa dihitung jumlahnya, baik yang saya sadari maupun tidak. Dia juga telah begitu baik menutup aib-aib setiap hambanya, hingga kita dijauhkan dari hal-hal buruk. Tahun ini banyak sekali yang datang dan pergi sesuka hati, yang bertahan pun ada. Semua yang datang pasti akan pergi, tapi kita selalu punya kemungkinan untuk bertemu kembali, entah di kehidupan yang mana nanti. Terima kasih sudah menjadi bagian dari kisah hidupku.  KELUARGA YANG PERTAMA Orang bilang, harta yang paling berharga adalah keluarga. Bagi saya tak ada keluarga yang sempurna, yang ada adalah keluarga yang saling melengkapi. Keluarga tempat kembali dan keluarga adalah tempat yang akan selalu menerima kit

Tips Mencari Pekerjaan Sampingan di Tengah Pandemi

 

                Wabah corona ini benar-benar bukan wabah yang main-main. Dampaknya begitu besar bagi beberapa sektor industri. Banyak perusahaan yang terpaksa harus mengurangi jumlah pekerjanya. Ada pula yang masih dipekerjakan, tapi gaji tak bisa dibayarkan secara penuh. Melihat situasi dan kondisi seperti sekarang ini, tentu kita harus bijak dalam menjalankan keuangan. Mulai menerapkan sistem prioritas atas barang-barang yang akan dibeli. Bukan saatnya untuk berhura-hura. Pemasukan berkurang, tetapi pengeluaran bisa jadi tetap. Neraca keuangan tak lagi seimbang. Mencari pekerjaan pun susah. Sebelum corona saja sudah susah, apalagi lagi ada corona seperti sekarang ini. Kita harus pandai memutar siklus keuangan. Beberapa orang mulai mencari pekerjaan tambahan untuk menutupi kebutuhan yang kurang. Namun ternyata hal tersebut juga tidak mudah. Tetapi percayalah, pasti ada jalan. Kita hanya perlu bersabar dan tetap terus berusaha.

                Mencari pekerjaan sampingan atau mulai membuka usaha kecil-kecilan adalah solusi yang tepat untuk saat ini. Istirahat boleh, berhenti jangan. Ambi kesempatan sekecil apa pun itu. Perhatikan tips mencari pekerjaan sampingan di tengah pandemi ini:

1.       Rajin-Rajinlah Mencari Lowongan Kerja Sampingan di Internet

Jangan habiskan waktumu cuma buat hal yang sia-sia, seperti berjam-jam buka tutup media sosial hanya untuk bersenang-senang. Manfaatkan internet dan media sosial yang kamu punya untuk mencari “sesuatu yang menghasilkan”. Menghibur diri selama di rumah saja dengan santai bermedia sosial, boleh. Tetapi tentukan batas, yah  tak dapat dimungkiri di rumah saja apalagi saat Ramadan memang menjenuhkan. Namun kita tak boleh kehilangan semangat untuk bekerja keras. Gunakan internet untuk mencari lowongan kerja sampingan. Jangan lupa untuk memeriksa situs yang menawarkan lowonganpekerjaan. Pastikan hanya mengambil pekerjaan di situs yang terpercaya.

 

2.       Cari Pekerjaan Sampingan Sesuai Bidang yang Disukai

Pernah dengar istilah “Hobi yang Dibayar”? Coba sekarang mulai belajar mengenali dirimu sendiri terlebih dahulu. Keterampilan apa, hobi apa yang kamu sukai? Bila kamu pandai menulis, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan sebagai pengisi konten tulisan di web. Bila kamu pandai mengedit tulisan, kamu bisa mencari lowongan kerja sebagai freelance editor. Kenali bakatmu.

 

3.       Mulai Belajar Keterampilan Baru

Setelah menemukan bakatmu. Kamu juga harus menambah ketermapilan lainnya. Saat ini tenaga kerja yang paling sering dibutuhkan adalah pekerjaan di bidang IT. Pelajari ilmu komputer, digital marketing, video editing. Bila kamu seorang content creative manfaatkan keterampilanmu itu semaksimal mungkin.

 

4.       Maksimalkan Media Sosial

Memang saat ini tidak banyak yang menawarkan lowongan kerja. Maka kamu bisa mencoba untuk membuat lapangan pekerjaan sendiri. Maksimalkan media sosial yang kamu punya. Mulailah mencoba berbisnis dari rumah. Kamu bisa berjualan kue lebaran, makanan yang tahan lama. Pastikan kamu bisa membaca pasarmu, sehingga kamu bisa tepat sasaran saat menjualnya. Terus lakukan promosi di media sosialnya. Kamu bisa menjual barang dagangan buatanmu sendiri atau mencoba menjadi reseller. Yang palin dibutuhkan pada masa pandemi seperti ini adalah bahan pokok. Kamu bisa menjual bahan pokok, pokoknya lihat kebutuhan pasar.

 

5.       Bersabar dan Pantang Menyerah

Memang tidak ada yang mudah dan instan kalau kita mau sukses. Baru memulai jangan mengharap langsung sukses. Memang untuk sukses tidak mudah, bukan berarti tidak bisa. Semua ada proses, yang penting kita tidak hanya berdiam diri. Gagal, coba lagi! Coba lagi terus sampai berhasil. Terus melakukan yang terbaik.

Nah,  itu adalah beberapa tips untuk mencari pekerjaan sampingan di tengah pandemi. Semoga bermanfaat. Yang penting yakin dan tidak bermalas-malasan walaupun di rumah saja. Jadikan semua hal menjadi peluang. Pertajam indera penglihatan akan peluang-peluang yang ada, sekecil apa pun itu

 

Ratna W. Anggraini

26 Ramadan 1441 H

#BERSEMADI_HARIKE-19

#InspirasiRamadan

#DiRumahAja

#FLPSurabaya

#Ratnawa


Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Karakteristik Pembelajaran Abad 21

Sinopsis Film Pesantren Impian

Pendidikan Karakter untuk Membangun Keberadaban Bangsa